POLITIK

Dadang Apriyanto : Dua Catatan Penting Soal Pelaksanaan Pilkada 2020

Palembang Cemerlang – Jika melihat kondisi saat ini dimana pandemic covid-19 masih menunjukan eksistensinya dan masih mengakibatkan banyak korban jiwa, tentu bukan hal yang mudah bagi masyarakat untuk membagi fokusnya antara pencegahan covid-19 dan pilkada serentak di tahun 2020

Anggota Bawaslu Dadang Apriyanto menyampaikan bahwa  peraturan pemerintah pengganti undang-undang nomor 2 tahun 2020 telah diundangkan pada tanggal 4 mei 2020 di Jakarta. Dalam perppu ini  berisi tentang penundaan pemungutan suara, penyederhanaan mekanisme, dan sebagai bukti legalitas penyelenggaraan pilkada yang ditunda. Selain itu juga penyelenggaraan pilkada ditetapkan di tanggal 9 Desember 2020.

Paling tidak ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian kita selaku penyelengara pemilu skema yang pertama harus di ambil oleh penyelenggara dan Pemerintah menyiapkan penambahan anggaran untuk mendukung kelengkapan keamanan pencegahan covid-19.Rabu (6/5)

Baca Juga  Tidak Pakai Masker Diancam Penjara Satu Tahun

Yang kedua Di sisi lain juga masyarakat  masih harus jaga jarak satu sama lain, jadi waktu pemilihan pun akan menjadi lebih lama, KPU pun juga butuh tambahan TPS, efeknya akan menambah SDM untuk mendukung pelaksanaan pilkada, dan jika perlu bisa ditambahkan tenaga medis juga”, ungkap Cak dadang panggilan akrabnya

Menurut Dadang Apriyanto selaku komisioner bawaslu kota Palembang yang membidangi koordinator divisi pengawasan memandang dimasa pandemi saat ini sangat rawan calon kandidat akan melakukan money politic. Kesempatan untuk menggalang calon pemilih akan lebih mudah karena banyak masyarakat yang akan bergantung pada siapa saja yang memberinya uang.

Menjadi besar harapannya pilkada  yang akan datang bisa dapat menghasilkan pemimpin yang baik dan berprestasi, sehingga daerah yang dipimpinnya akan maju itulah salah satu karakter pilkada yang baik.tutupnya(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close