SUMSEL

Gubernur Sumsel Berikan Bantuan PCR ke BBLK Palembang

Selasa, 2 Juni 2020 | 17:55 WIB

Palembang Cemerlang – Gubernur Sumatra Selatan Herman Deru resmi menyerahkan bantuan Pemprov Sumsel berupa alat Polymerase Chain Reaction (PCR) kepada Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Palembang di Auditorium Graha Bina Praja Pemprov Sumsel, Selasa (2/6/2020).

Gubernur mengharapkan melalui bantuan tersebut, BBLK Palembang bisa memeriksa sampel Covid-19 lebih banyak lagi dan real time.

Dia menjelaskan, selain bantuan itu memang sangat diperlukan, informasi yang dihasilkan BBLK Palembang sangat dinantikan semua pihak, termasuk masyarakat sebagai acuan terhadap perkembangan penaganan Covid-19 di Sumsel.

“Alhamdulillah kita di sini memberikan bantuan kepada institusi yang benar sebagai salah satu langkah percepatan penanganan Covid-19 di Sumsel,” ungkap Herman Deru.

Dia mengatakan, selalu mengukur keberhasilan Gugus Tugas di daerah-daerah yaitu, bukan karena ketersediaan dana yang memadai melainkan bagaimana tingkat keberhasilan penanganan Covid-19 itu sendiri.

Baca Juga  Sumsel Akan Lakukan Wajib Belajar 16 Tahun

“Kita juga mengapresiasi karena BBLK Palembang tidak hanya memeriksa sampel se-Sumsel saja melainkan juga melayani 5 Provinsi di Sumatra. Dari 13.500 sampel yang diperiksa 10 ribu di antaranya berasal dari seluruh wilayah Sumsel,” ujar dia.

Kepala BBLK Palembang dr. Andi Yussianto menyampaikan terima kasih atas bantuan tersebut yang memang sangat dibutuhkan BBLK dalam memeriksa sampel Covid -19.

Menurut dia, alat yang digunakan di BBLK Palembang saat ini adalah alat yang ada sejak tahun 2007 lalu digunakan untuk memeriksa sejak virus flu burung.

“Catatan BBLK mengeluarkan data hasil pemeriksaan 500 hasil per hari juga sangat diapresiasi Kementerian Kesehatan. Melalui bantuan ini akan mempercepat pemeriksaan sampel,” ujar dia

Selain PCR juga banyak bantuan lainnya yang diberikan Pemprov Sumsel kepada BBLK Palembang termasuk bantuan untuk meningkatkan daya tahan tubuh petugas BBLK Palembang.

Baca Juga  Wagub Sumsel Pimpin Rapat L2Dikti

“Kalau kita bandingkan dengan daerah lain. Sangat luar biasa sekali Pemprov Sumsel sangat mengsuport kerja kami. Semoga kita bisa segera melalui wabah Covid-19 ini,” terang Andi.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel mengadakan barang- barang untuk membantu BBLK Palembang melalui dana APBD Provinsi Sumsel senilai Rp3,8 miliar.

Melalui PCR itu, hasil pemeriksaan yang valid dan tepat waktu yang diharapkan nantinya dapat menekan angka penyebaran Covid-19 khususnya diwilayah Sumsel.

Turut hadir Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Akhmad Najib, Ketua Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Sumsel Yuwono, Kepala KKP Palembang dr. Nur Purwoko, serta para Direktur Rumah Sakit yang ada di Kota Palembang. (daeng/Tim Media Dinas Kominfo Provinsi Sumsel).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close