SUMSEL

Wagub Sumsel Hadiri Rakornas Virtual Percepatan Gugus Tugas Penanganan Covid-19

Rabu, 10 Juni 2020 | 15:53 WIB

Palembang Cemerlang – Wakil Gubernur Sumsel H Mawardi Yahya menghadiri rakornas Virtual Percepatan Gugus Tugas Penanganan Covid 19 di Provinsi se-Indonesia bersama Presiden Joko Widodo melalui video conference, di Sumsel Command Center, Rabu (10/6/2020)

Dalam kesempatan itu, Jokowi mengatakan dengan dimulainya keadaan new normal di sebagian daerah yang berada di Indonesia belum menyatakan bahwa Kerja Gugus tugas dalam memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19 di Indonesia selesai.

“Makna adaptasi dengan virus ini bukan dalam artian bahwa kita menyerah ataupun kalah, akan tetapi lebih ke menyesuaikan dengan keadaan baru dalam hal keproduktifan, yang tentunya harus sesuai dengan protokol kesehatan sehingga keproduktifan yang diharapkan tetap terjaga,” ujar Jokowi.

Ia juga menyampaikan, Pembukaan sebuah daerah menuju New Normal tentu harus melalui tahapan-tahapan yang tepat dan benar.

Oleh karena itu perlu dilakukan prakondisi yang ketat dan pentingnya memberikan sosialisasi kepada masyarakat haruslah secara massiv tentang protokol kesehatan.

Antara lain yaitu mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak agar tidak bersentuhan langsung dengan sesama.

Sehingga ketika masuk dalam tatanan new normal sudah dalam keadaan siap, sehingga pra kondisi yang kita siapkan dapet dijalankan sebagai mana mestinya.

“Tentu kita juga harus berhati-hati dalam menentukan suatu keputusan, jangan sampai ada kesalahan dalam mengambil keputusan tersebut, yang nantinya malah akan menaikkan total kasus positif covid-19 di daerah yang akan berakibat fatal bagi daerah tersebut,” ujarnya.

Baca Juga  Gubernur Sumsel Berikan Bantuan APD untuk Posko Gugus Tugas Covid-19 OKU

Jokowi juga mengintruksikan kepada Pemerintah Pusat, Pemprov, dan Pemerintah kab/kota agar dapat memperkuat konsolidasi, serta selalu berkoordinasi dengan Forkopimda dan terlebih lagi selalu melibatkan semua elemen masyarakat.

Sehingga dapat bekerja bersama-sama dalam menyelesaikan dan memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19 di Indonesia.

Diwawancarai usai Vidcon Wagub Sumsel H. Mawardi Yahya mengatakan dirinya bersama Gubernur Sumsel H. Herman Deru siap mendukung apa yang diarahkan Presiden Jokowi untuk dapat mempersiapkan transisi menuju keadaan New Normal seperti yang telah disampaikan.

MY setuju bahwa wabah covid-19 ini harus kita basmi dengan cara menerapkan protokol kesehatan di kehidupan sehari-hari.

Hal ini sangat dibutuhkan, agar jangan sampai aktivitas kita hanya tertuju ke wabah ini saja, tetapi ada hal lain yang juga penting yaitu mengenai masalah ekonomi.

Baca Juga  Melihat Lebih Dekat Hobi Dadang Apriyanto Selama Masa Pandemi Covid-19

“Oleh karena itu kita harus selalu menerapkan protokol kesehatan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari,”ujarnya.

Ia juga menyampaikan, mengenai adanya perkumpulan ataupun kerumunan yang ada di pasar dan terminal harus mendapatkan perhatian lebih dalam menerapkan protokol kesehatan.

“Kita harus tetap mewaspadai tempat-tempat yang dapat menimbulkan kerumunan, dan memastikan protokol kesehatan yang di intruksikan oleh pemerintah sudah diterapkan,” tambahnya.

Oleh sebab itu, harus ada yang memberikan edukasi kepada para penjual dan masyarakat di pasar agar dapat mengerti cara penularan virus ini sehingga kita dapat memutus mata rantai penyebaran covid 19 di Sumsel ini secara bersama.

Turut hadir Kadis Kominfo Prov Sumsel H. Achmad Rizwan SSTP, MM, Kepala Dinas Kesehatan Prov. Sumsel Dra. Lesty Nurainy Apt.,M.Kes.

Serta, Kepala BPBD Prov Sumsel Iriansyah, Lo Gugus Tugas Covid 19 Antoni Simamorang, dan Kepala BPKAD Prov. Sumsel Akhmad Mukhlis, SE., M. Si. (Tim Media Dinas Kominfo Prov. Sumsel/toeb)

 33 kali

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close